Perilaku
Etika dalam Bisnis
1. Lingkungan bisnis yang mempengaruhi
Perilaku Etika
Kehidupan manusia sangat erat kaitannya dengan bisnis yang dilaksanakan.
Keterkaitan itu berdampak pada terbentuknya perilaku etika manusia. Bagaimana cara bisnis itu dilakukan nantinya
akan berdampak pada pembentukan perilaku etika yang berkembang di masyarakat.
Jika bisnis yang dilakukan merupaka bisnis yang bersis dan berorientasi pada
profit yang wajar maka perilaku etika masyarakat akan cenderung bersikap
sportif dan tidak serakah. Namun jika
bisnis tersebut dilakukan dengan orientasi profit sebesar-besarnya dan menghalalkan
segala cara maka perilaku tersebut secara tidak langsung junga membentuk
perilaku etika masyarakat menjadi serakah dan cenderung tidak sportif.
2. Kesaling - tergantungan antara bisnis
dan masyarakat
Bisnis terbentuk karena manusia melalukan
berbagai transaksi demi kelangsungan hidup mereka.
Sehingga bisnis menjadi ladang pemenuhan
kebutuhan hidup manusia, dari bisnis lah uang
datang dan manusia dapat memenuhi segala
kebutuhannya. Ketergantungan ini mendominasi terbentuknya perrilaku hidup
masyarakat.
3.Kepedulian pelaku bisnis terhadap etika
Besarnya pengaruh bisnis akan perilaku
etika masyarakat menyadarkan para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis secara
sehat, demi terbentuknya etika positif dalam kehidupan masyarakat.
Banyak pelaku bisnis yangn sudah melakukan
campaign etika positif dalam menjalankan
bisnis mereka. Seperti salah satu produsen air mineral yang menambahkan pesan
untuk meremukan botol air mineral agar tidak digunakan kembali oleh oknum tidak
berwenang/curang. Dan tentu saja berpesan untuk membuangnya pada tempat sampah.
Pesan dalam iklan tersebut membentuk prilaku etika masyarakat untuk menjaga dan
memelihara lingkungan agar tetap bersih dan sehat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar