Sabtu, 13 Oktober 2012

Perilaku Etika dalam Bisnis


Perilaku Etika dalam Bisnis

1. Lingkungan bisnis yang mempengaruhi Perilaku Etika
Kehidupan manusia sangat erat kaitannya dengan bisnis yang dilaksanakan. Keterkaitan itu berdampak pada terbentuknya perilaku etika manusia.  Bagaimana cara bisnis itu dilakukan nantinya akan berdampak pada pembentukan perilaku etika yang berkembang di masyarakat. Jika bisnis yang dilakukan merupaka bisnis yang bersis dan berorientasi pada profit yang wajar maka perilaku etika masyarakat akan cenderung bersikap sportif  dan tidak serakah. Namun jika bisnis tersebut dilakukan dengan orientasi profit sebesar-besarnya dan menghalalkan segala cara maka perilaku tersebut secara tidak langsung junga membentuk perilaku etika masyarakat menjadi serakah dan cenderung tidak sportif.

2. Kesaling - tergantungan antara bisnis dan masyarakat
Bisnis terbentuk karena manusia melalukan berbagai transaksi demi kelangsungan hidup mereka.
Sehingga bisnis menjadi ladang pemenuhan kebutuhan hidup manusia, dari bisnis lah uang
datang dan manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya. Ketergantungan ini mendominasi terbentuknya perrilaku hidup masyarakat.

3.Kepedulian pelaku bisnis terhadap etika
Besarnya pengaruh bisnis akan perilaku etika masyarakat menyadarkan para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis secara sehat, demi terbentuknya etika positif dalam kehidupan masyarakat.
Banyak pelaku bisnis yangn sudah melakukan campaign etika positif  dalam menjalankan bisnis mereka. Seperti salah satu produsen air mineral yang menambahkan pesan untuk meremukan botol air mineral agar tidak digunakan kembali oleh oknum tidak berwenang/curang. Dan tentu saja berpesan untuk membuangnya pada tempat sampah. Pesan dalam iklan tersebut membentuk prilaku etika masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar