Minggu, 07 Oktober 2012

Egoisme


Egoisme
Egoisme merupakan dorongan untuk mempertahankan dan memaksimalkan keuntungan untuk diri sendiri. Egoisme pada dasarnya dimiliki manusia layaknya hak asasi manusia, sudah ada pada pribadi masing-masing manusia, namun kadarnya berbeda-beda. Egoisme merupakan keadaan dimana kita mengutamakan diri sendiri diatas kepentingan orang lainEgoisme memiliki dasar yang sama dengan narsisme yaitu sama-sama “mencintai diri sendiri secara lebih”.
Dalam bahasa yunani egoisme berasal dari kata “ego” yang berarti dan “isme” yang menunjukkan filsafat.
Egoisme tentunya merugikan orang-orang disekitar kita dan lama kelaman pun akan berdampak buruk pada diri kita sendiri jika kita tidak mampu mengontrolnya. Tingkat egoisme yang tinggi menempatkan kita pada posisi orang yang paling dihindari dalam bersosialisasi apalagi yang berhubungan dengan kerjasama. Keegoisan kita dapat mengganggu stabilitas kelompok dan terganggunya pencapaian tujuan kelompok tersebut. Contoh saja banyaknya anggota perwakilan rakyat yang melakukan korupsi merupakan cerminan keegoisan yang lebih memikirkan kesenangan pribadi dari kesejahteraan rakyat yang sudah semestinya menjadi tujuan nomer satu mereka.
Egoisme yang tinggi dalam hal sehari-hari membuat kita dihindari dalam pergaulan, karena orang-orang sekitar merasa dirugikan. Contoh saja dalam hubungan percintaan egoisme merupakan momok utama yang selalu menjadi bom waktu yang siap menghancurkan hubungan. Karena jika di satu pihak egois maka pihak lain akan merasa tidak diperhatikan, tidak didengar dan merasa tidak adil. Jika egoisme didiri masing-masing tidak terkontrol maka hubungan tersebut tidak akan harmonis.
Menempatkan diri sebagai prioritas utama memanglah hak manusia.
Mencintai diri sendiri pun merupakan hal yang wajar.
Kedua hal tersebut merupakan cerminan egoisme pada manusia yang sudah tertanam dalam pribadi masing-masing manusia. Namun ada baiknya egoisme harus disesuaikan dengan keadaan dan dikontrol dominasinya, demi keharmonisan hidup di dunia yang dihuni oleh jutaan manusia lainnya. Egoisme dapat terkontrol manakala kita meningkatkan toleransi dan saling menyayangi satu sama lainnya. 

http://id.wikipedia.org/wiki/Egoism
sri utami 24209121 4eb13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar