Senin, 29 Oktober 2012

Etika dalam Bisnis (tugas tambahan 3) Billboard XL vs Telkomsel

Contoh Perang Iklan XL vs Telkomsel di billboard Medan

Gambar diatas merupakan etika yang terjadi dalam dunia bisnis. Entah apa maksud  dari terpasangnya billboard itu secara bersebelahan dan statement yang sedikit menyindir iklan kompetitornya.
Hal ini seharusnya dihindari para pebisnis provider saling sindir merupaka hal yang kurang fair dalam dunia bisnis, apalagi untuk menarik minat konsumen.
Sebagaimana kutipan dari kode etik dalam periklanan yang berjalan dalam dunia bisnis.
Perbandingan: (a) Perbandingan langsung dapat dilakukan, namun hanya terhadap aspek-aspek teknis produk, dan dengan kriteria yang tepat sama. (b) Jika perbandingan langsung menampilkan data riset, maka metodologi, sumber dan waktu penelitiannya harus diungkapkan secara jelas. Pengggunaan data riset tersebut harus sudah memperoleh persetujuan atau verifikasi dari organisasi penyelenggara riset tersebut. (c) Perbandingan tak langsung harus didasarkan pada kriteria yang tidak menyesatkan khalayak.
Perbandingan Harga: Hanya dapat dilakukan terhadap efisiensi dan kemanfaatan penggunaan produk, dan harus diserta dengan penjelasan atau penalaran yang memadai.
Merendahkan: Iklan tidak boleh merendahkan produk pesaing secara langsung maupun tidak langsung.

http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2012/08/13/salah-apa-tong-fang/
http://ahmedfikreatif.wordpress.com/2010/11/22/iklan-kartu-as-vs-xl-apakah-sule-melanggar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar